Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

PURWOKERTO, KOMPAS.com – Mumpung sedang wisata kuliner di Purwokerto, saya sempatkan pergi ke Kota Banyumas. Kalau Anda dari Kota Purwokerto kira-kira membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan pribadi sampai di Banyumas.

Nah tempat makan yang ingin saya coba salah satu makanan khas Banyumas, yaitu tahu kupat. Di Banyumas ada dua penjual tahu kupat yang sangat terkenal yaitu dari Mbah Djawi 1 dan Mbah Djawi 2. Mereka memang masih satu keluarga, lokasi jualannya pun berdekatan.

Kalau Anda dari arah Purwokerto, pas setelah jembatan pintu masuk Kota Banyumas ada pertigaan pertama, Anda langsung belok kanan. Kira-kira 50 meter warung tahu kupat Mbah Djawi 2 ada di sebelah kanan (depan Kelenteng), kalau yang Mbah Djawi 1 masih sekitar 200 meter lagi.

Tadinya saya mau ke Mbah Djawi 1 terlebih dahulu tetapi ternyata ramai sekali, jadi saya pindah ke Mbah Djawi 2. Tempatnya memang sangat sederhana, hanya warung kecil yang hanya bisa untuk kira-kira 8 orang.

ARSIP DOYANKULINER.COMTahu kupat di Mbah Jawi 2, Banyumas, Jawa Tengah.

Tahu kupat itu isinya sangat sederhana tahu goreng, ketupat, irisan kol, tauge dan berkuah. Kuahnya dari gula jawa cair, dan bumbu utama juga ulekan gula jawa, cabe, kecap dan bawang putih. Anda juga bisa pesan khusus untuk dibuatkan tingkat kepedasan yang diinginkan. Kalau saya tentu pesan yang pedas.

Isinya memang sederhana, tapi rasanya hmm… enak! Ada rasa manis, pedas, dan aroma bawang putihnya sangat kuat. Tidak lupa ada kerupuk mi yang berwarna kuning. Dan kalau datangnya tidak terlalu siang Anda masih bisa memesan tempe mendoan. Jadi makan tahu kupat dicampur dengan tempe mendoan yang dipotong-potong juga enak.

Senangnya bisa menikmati salah satu menu makan khas dari Banyumas ini. Pokoknya recommended untuk dicoba kalau Anda sedang berada di Banyumas. (Frans)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.